Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Umum

(Studi pada Kantor Cabang PT Nusapersada Abadi Sejahtera)

Tugas Akhir / Skripsi Sistem Informasi Akuntansi
Penulis: Inne O. N. Hayati
Program Studi Sistem Informasi dan Akuntansi Universitas Bina Nusantara

Ringkasan

Informasi tidak kalah pentingnya dengan keempat sumber daya fisik perusahaan lainnya, yaitu manusia, mesin, material, dan uang. Pengelolaan informasi dapat meningkatkan kualitas bisnis suatu perusahaan. Dengan informasi, para pimpinan perusahaan dapat membuat keputusan dan tindakan yang tepat dan cepat dalam menyelesaikan masalah internal perusahaan. Selain itu, informasi juga dibutuhkan oleh pengguna eksternal yang berkepentingan, seperti pelanggan, pemasok, pemerintah, dsb. Maka dari itu informasi dapat dianggap sebagai sumber daya yang vital bagi kelangsungan hidup suatu organisasi bisnis.

Salah satu jenis informasi yang memiliki peran penting bagi perusahaan adalah informasi akuntansi. Dengan informasi akuntansi, pihak manajemen dapat menilai perkembangan usaha bisnis perusahaan serta mengambil keputusan untuk dapat tidaknya melanjutkan usaha tersebut. Sedangkan bagi pemakai eksternal, seperti kreditur, informasi akuntansi dapat menjadi tolak ukur dalam menentukan persetujuan pemberian kredit kepada perusahaan yang bersangkutan.

Pengendalian yang memadai atas informasi ini harus ditetapkan mengingat pentingnya fungsi informasi akuntansi tersebut. Untuk meningkatkan pengendalian akuntansi, maka perlu diciptakan suatu sistem yang dapat meningkatkan tingkat kehandalan (reliability) informasi akuntansi yang disebut dengan Sistem Informasi Akuntansi. Sistem informasi akuntansi akan meliputi keseluruhan dari proses kegiatan akuntansi yang terdapat di perusahaan, atau dapat disebut pula dengan Sistem Informasi Akuntansi Umum.

PT. Nusapersada Abadi Sejahtera merupakan perusahaan importir, perakit dan distributor motor nasional. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan informasi perusahaan tersebut dan merancang sistem informasi akuntansi umum untuk membantu kantor cabang perusahaan dalam menggunakan perpaduan akuntansi dengan teknologi informasi dalam proses bisnis sehingga dapat lebih optimal dalam penggunaannya.

Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis dan metode perancangan. Metode analisis dilakukan dengan mengidentifikasi kebutuhan informasi dan permasalahan yang ada di lapangan, melakukan survey dan menganalisis proses akuntansi pada proses bisnis lama. Hasil analisis yang diperoleh kemudian dituangkan dalam perancangan sistem yang diusulkan. Metode perancangan dilakukan dengan pendekatan berorientasi objek.

Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah rancangan sistem informasi akuntansi umum yang membantu dalam koordinasi tiap-tiap transaksi khususnya pembelian, penjualan, dan persediaan sehingga dapat dilakukan pencatatan akuntansi dan penghasilan laporan keuangan khususnya laporan rugi laba dan neraca yang diperoleh dari tiap proses yang ada secara langsung, cepat, akurat, tidak terlambat dan efisien. Kesimpulan yang dapat diambil dari analisis dan perancangan ini adalah pembangunan sistem informasi akuntansi umum pada kantor cabang PT. Nusapersada Abadi Sejahtera berguna untuk membantu proses pencatatan setiap transaksi akuntansi serta dalam pembuatan laporan keuangan secara langsung, efektif dan efisien yang membantu pihak manajemen dalam pengambilan keputusan.