Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Revenue Cycle pada Perusahaan Umum Pegadaian Cabang Utama Pasar Senen

Skripsi / Tugas Akhir Sistem Informasi Akuntansi
Penulis: Melania W. Novianti
Program Studi Sistem Informasi dan Akuntansi Universitas Bina Nusantara

Ringkasan:

Pergerakan informasi yang sangat cepat dalam era teknologi menyebabkan meningkatnya persaingan antar perusahaan dimana perusahaan dituntut untuk cepat dalam mengelola data menjadi informasi yang berguna. Sistem informasi akuntansi merupakan suatu pengembangan teknologi berbasis komputer yang dirancang untuk mengubah data akuntansi menjadi informasi akuntansi yang dapat mengkomunikasikan seluruh elemen-elemen yang membutuhkan informasi tersebut. Sistem informasi akutansi dalam siklus pendapatan ini merupakan bagian dari keseluruhan sistem informasi akuntansi yang membantu memberikan informasi mengenai pendapatan perusahaan dalam kurun waktu yang diinginkan. Dengan demikian sistem informasi ini diharapkan juga dapat menjadi alat untuk para pengambil keputusan agar dapat mendukung perencanaan mereka di masa depan.

Perusahaan Umum (Perum) Pegadaian adalah satu-satunya lembaga pemerintah yang bergerak di bidang jasa penyaluran uang pinjaman kepada masyarakat atas dasar hukum gadai dengan jaminan barang bergerak.

Perum Pegadaian dalam menjalankan aktivitas usaha pemberian kredit saat ini telah didukung oleh adanya teknologi komputer yang beroperasi selama kegiatan perusahaan berlangsung. Hanya saja teknologi yang saat ini digunakan tidaklah sesuai dengan semakin bertambahnya jumlah nasabah yang mempercayakan jasa perusahaan dalam hal pemberian kredit. Hal ini terbukti dengan adanya gejala yang ditemui pada kurang adanya perkembangan pada teknologi yang digunakan saat ini pada sistem pemberian kredit seperti tidak berjalannya kegiatan sesuai dengan prosedur operasi perusahaan, penggunaan user interface komputer pada sistem pengoperasian yang sering mengalami gangguan saat petugas melayani nasabah, serta kurang lengkapnya informasi yang dapat diakses oleh semua karyawan perusahaan.

Sistem informasi akuntansi revenue cycle diharapkan dapat membantu mengkomunikasikan semua elemen akuntansi khususnya semua elemen yang berhubungan dengan perolehan pendapatan perusahaan dan dalam tujuannya untuk menjalankan komitmen perusahaan dan tujuan jangka panjang perusahaan. Penelitian pada perusahaan ini bertujuan untuk menganalisis sistem informasi akuntansi revenue cycle, mengidentifikasi masalah-masalah yang ada dalam sistem untuk merancang sistem informasi akuntansi revenue cycle baru yang dapat memenuhi kebutuhan perusahaan.

Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis dan perancangan berorientasi objek. Metode analisis delakukan dengan tahap-tahap sebagai berikut: melakukan survei atas sistem yang sedang berjalan, melakukan analisis terhadap hasil survei, mengidentifikasi kebutuhan informasi, dan persyaratan sistem. Hasil analisis kemudian dituangkan dalam perancangan sistem yang diusulkan.

Hasil yang dicapai melalui survei, penelitian dan wawancara, ditemukan penggunaan sistem informasi dalam kegiatan revenue cycle masih terbatas. Laporan-laporan dan dokumen pendukung belum dapat memudahkan proses dalam kegiatan siklus pendapatan tersebut, maka diusulkan perancangan sistem informasi akuntansi revenue cycle baru yang lebih baik dan dapat diandalkan.