Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi PT. Karya Mitra Seraya

(Studi Kasus: Pembelian dan Persediaan Bahan Baku)

Skripsi / Tugas Akhir Sistem Informasi Akuntansi
Penulis: Angelia
Program Studi Sistem Informasi dan Akuntansi Universitas Bina Nusantara

Ringkasan

Dalam menghadapi persaingan antar perusahaan, salah satu cara yang dapat diambil adalah dengan meningkatkan mutu dan pelayanan yang ditunjang dengan teknologi, untuk menghasilkan suatu sistem informasi yang terkomputerisasi dan terintegrasi dengan baik. Salah satunya adalah sistem informasi akuntansi pembelian dan sistem informasi akuntansi persediaan. Membahas tentang sistem persediaan tidak akan terlepas dari sistem pembelian yang tepat. Sistem pembelian yang baik dapat memberikan harga yang kompetitif melalui penawaran dari para pemasok, pengendalian yang baik dalam jalannya proses pembelian, mengawal dan memberikan pedoman pelaksanaan dan pemilihan pemasok yang benar-benar memiliki kompetensi dan kehandalan dari segi harga, waktu maupun kualitas yang ditawarkan.

PT. Karya Mitra Seraya adalah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur yang bergerak di bidang furniture, menjual produk-produk seperti furniture kantor, interior design, office system dan lainnya. Kerja perusahaan ini lebih bersifat job order daripada retail. Masalah yang dihadapi perusahaan ialah belum sempurnanya sistem informasi pengendalian persediaan perusahaan yang ada sekarang ini, terutama dalam kegiatan operasional pembelian dan persediaan bahan baku. Akibatnya sering terjadinya pesanan pelanggan yang batal yang disebabkan karena kekosongan barang di gudang karena tidak terdeteksinya persediaan bahan baku yang sudah mencapai titik minimum; dan sering terjadinya kesalahan pencatatan stok gudang sehingga informasi yang dihasilkan sering terlambat dan tidak akurat.

Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisis sistem yang sedang berjalan pada perusahaan dalam proses pembelian dan persediaan bahan baku, mengidentifikasi kebutuhan perusahaan dalam menyelenggarakan pembelian terutama yang terkait dengan persediaan bahan baku dan merancang sistem informasi akuntansi pembelian dan persediaan bahan baku yang dapat mengurangi kelemahan pada sistem yang lama. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi langsung ke perusahaan, dan studi pustaka. Sedangkan untuk analisis dan perancangan menggunakan metode analisis dan perancangan berorientasi objek, yang direpresentasikan melalui notasi Unified Modelling Language (UML). Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dihasilkan suatu sistem informasi akuntansi yang terkomputerisasi yang mendukung pengendalian kegiatan operasional akuntansi pembelian dan persediaan bahan baku sehingga perusahaan memiliki daya saing yang lebih kompetitif.