Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Revenue Cycle

(Studi kasus: PD Corona Jam)

Skripsi / Tugas Akhir Sistem Informasi Akuntansi
Penulis: Yunita Handojono
Program Studi Sistem Informasi dan Akuntansi Universitas Bina Nusantara

Ringkasan

Sistem informasi akuntansi merupakan suatu pengembangan teknologi berbasis komputer yang dirancang untuk mengubah data akuntansi menjadi informasi akuntansi yang dapat digunakan untuk mendukung kegiatan perusahaan antara lain perencanaan, pengorganisasian, serta pengendalian. Tanpa adanya sistem informasi akuntansi sebagai alat bantu dalam mengawasi aktivitas-aktivitas yang berlangsung, dapat mengakibatkan manajemen atau pimpinan akan mengalami kesulitan dalam menelusuri bagaimana pengaruh-pengaruh dari berbagai aktivitas atas sumber daya-sumber daya yang berada dibawah pengawasannya.

PD Corona Jam merupakan perusahaan yang bergerak di bidang makanan. Meskipun perusahaan ini sudah berdiri cukup lama, namun dalam pengelolaan siklus pendapatannya masih memiliki banyak kekurangan. Faktor kekerabatan dan kebersamaan masih diterapkan dalam perusahaan ini. Hal tersebut membuat penulis tertarik untuk membahas permasalahan yang terjadi dan berusaha memberikan suatu rancangan sistem informasi yang dapat membantu meningkatkan pengendalian siklus pendapatan yang dimiliki perusahaan.

Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah metode pengumpulan data melalui metode penelitian lapangan, yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan analisis untuk membandingkan informasi yang ada dengan kebijakan perusahaan. Sedangkan studi pustaka dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan topik skripsi dari buku-buku teks, catatan kuliah, dan referensi lain. Metode perancangan yang digunakan yaitu melalui pendekatan berorientasi obyek.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui adanya beberapa permasalahan mengenai siklus pendapatan di perusahaan tersebut antara lain: adanya perangkapan fungsi, belum adanya prosedur limit kredit, tidak adanya informasi tanggal jatuh tempo pada faktur penjualan, dokumen dan laporan informasi yang kurang lengkap. Hasil yang dicapai menghasilkan suatu perancangan sistem informasi akuntansi yang memberikan usulan perancangan sistem informasi akuntansi revenue cycle PD Corona Jam yang lebih baik dan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan informasi yang mendukung dalam kegiatan siklus pendapatan.