Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penggajian dan Pengupahan

(Studi pada PT. Istana Kebayoran Raya Motor)

Tugas Akhir / Skripsi Sistem Informasi Akuntansi
Penulis: Irene Wijaya
Program Studi Sistem Informasi dan Akuntansi Universitas Bina Nusantara

Ringkasan

Teknologi informasi saat ini sedang mengalami perkembangan yang pesat sehingga berbagai macam informasi diperoleh dan diproses dengan lebih cepat dan mudah. Banyak perusahaan memanfaatkan teknologi informasi dengan menerapkan penggunaannya dalam proses bisnis, yang tentu saja akan meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan tersebut. Salah satu contohnya adalah penggunaan aplikasi Sistem Informasi Akuntansi yang dapat melakukan pengumpulan, penyimpanan data, manipulasi, serta penyiapan dokumen sehingga proses pengolahan data menjadi informasi dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan akurat.

Semua perusahaan pasti memiliki sumber daya manusia (SDM) yang menangani banyak proses khusus yang berhubungan dengan personalia. Perusahaan memiliki kewajiban untuk memperhatikan kesejahteraan para karyawan yang sudah memberikan tenaga, waktu, dan pikiran mereka untuk perusahaan dengan cara memberikan upah, gaji, insentif, tunjangan yang tepat waktu dan layak. Hal tsb harus mendapatkan perhatian yang serius untuk mempertahankan loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Untuk itu diperlukan suatu sistem penggajian dan pengupahan yang terintegrasi dan didukung dengan pengendalian internal yang baik agar proses pencatatan dan penghitungan upah dan gaji karyawan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan akurat.

PT. Istana Kebayoran Raya Motor merupakan salah satu perusahaan dealer mobil Honda yang juga menyediakan jasa layanan perbaikan mobil dan penjualan suku cadang mobil bermerek Honda. Perusahaan tsb saat ini sedang menghadapi masalah yang khusus berkaitan dengan penggajian dan pengupahan yang tidak efisien dalam pembuatan berbagai laporan penggajian seperti laporan gaji, rekap absensi, masalah kesalahan perorangan (human error) dalam penghitungan berbagai komponen upah dan gaji, data personalia yang tidak terintegrasi sehingga sulit dalam memperbaharui data, dan kurangnya pengendalian internal terhadap sistem penggajian dan pengupahan.

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menganalisis sistem penggajian dan pengupahan yang sedang berjalan di PT. Istana Kebayoran Raya Motor, merancang sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan yang terintegrasi, dan mendukung pengendalian internal baik secara manual maupun secara terkomputerisasi sehingga mampu mengatasi masalah yang berkaitan dengan sistem penggajian dan pengupahan.

Penelitian ini menggunakan metode analisis dan perancangan. Metode analisis dilakukan dengan survey, mengidentifikasi permasalahan di lapangan, dan menganalisis pengendalian internal dalam proses bisnis lama. Hasil analisis kemudian digunakan dalam perancangan sistem yang diusulkan. Metode perancangan menggunakan pendekatan berorientasi objek.

Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah rancangan sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan yang efektif dan efisien dalam mencatat berbagai transaksi penggajian dan pengupahan maupun transaksi personalia. Sistem ini juga dapat mengurangi masalah human error dalam penghitungan komponen gaji dan upah dan mendukung pengendalian internal atas prosedur penggajian dan pengupahan.